Laman

Sabtu, 09 April 2011

Cerpen


COLORFULL OF FRIENDSHIP



Apa sih sahabat tuh? Kaya gimana sih persahabatan? Gunanya buat apa? Hmmm.. Oh hai belum kenalan ya? Hehe maaf.. Lagi keasyikan ngerenungin tentang sahabat sih hehe.. Namaku Noorfa. Aku siswi SMA disalah satu sekolah di kota Bandung. Di sekolah, aku mengikuti berbagai macam ekskul, sampai- sampai teman-temanku menyebutku si super sibuk karena saking aktifnya hehe. Oya, aku punya 5 temen deket. Geng? Oh bukan-bukan, cuma sekedar temen eh sahabat yang rajin dengerin aku curhat, ngasih solusi, dan maen bareng. Mereka adalah Piella, Naifa, Ndot, Disha dan Naellu. Oke.. Sekarang aku tau sahabat itu kaya gimana. Mari kita flashback!

***

Aku mengenal mereka karena mereka teman-teman sekelasku saat kelas X. Awalnya kami merasa cocok dan nyaman satu sama lain. Banyak hal yang udah kita lalui bareng-bareng. Susah senang pokoknya udah kita tanggung bareng-bareng deh. Sampai akhirnya kita semua naik kelas XI. Gak kerasa banget. Sedih juga gak bisa bareng mereka lagi. Soalnya, kelas kami dipisah. Tapi ini ga jadi hambatan buat kita untuk tetep kompak dan tetep peduli satu sama lain pastinya. Nah, minggu depan kebetulan Piella berulang tahun. Aku, Naifa, Ndot, Naellu dan Disha berencana membuat ulang tahun yang berkesan buat Piella. Sedikit dikerjain ga apa-apa kali ya?

“Bentar lagi Piella ulang tahun, gimana nih temen temen?” kata Naifa.

“Iya ya, ayo mau kita apakan dia? haha” ujar Disha setengah bercanda.

“Dicuekin udah taun kemarin. Berarti kita harus ganti rencananya!” Ndot memberikan pendapat.

“Ih jadi inget tahun kemarin, aku gak bisa ikut rayain bareng kalian” kataku menyesal.

“Ga apa-apa Fa, kan waktu itu ada pertandingan. Ga mungkin juga kamu ninggalin pertandingan itu. Kita juga ngerti kok, iya gak?” ujar Naellu disertai anggukan teman-teman yang lain.

Memang setaun yang lalu, aku gak bisa merayakan ulang tahun Piella bersama mereka. Kebetulan hari itu aku harus mengikuti suatu pertandingan olahraga di Jakarta. Sebenarnya aku merasa sedih dan menyesal , tetapi mau bagaimana lagi aku tidak bisa meninggalkan pertandingan pertamaku itu.

“Yaudah gini aja, aku punya ide” kata Naellu

****

Selang seminggu kemudian, di hari ulang tahun Piella.

“Piella, jangan dulu pulang, piket kelas dulu ya” kata Naellu.

“Oiya, hampir lupa. Padahal pengen pulang cepet hmmm kabur aja yu?” kata Piella sambil menepuk jidatnya.

“Palingan juga bentar. Piketnya juga bareng aku kok” kata Naellu lagi.

“Oke, sekarang aja yuk”

“Yuk, aku beresin kelas kamu siram tanaman diluar aja ya”

“Sip deh. Eh eh itu Noorfa, Naifa, Ndot sama Disha”

“Hey kalian! siniiii” panggil Naellu “Pulang bareng ya, tapi tungguin kita piket dulu”

“Okey okey” kataku

“Wah, kayanya aku gak bisa. Harus pulang cepet mau anter mama. Maaf ya” bilang Ndot

“Yaaaah, yaudah deh gapapa deh. Hati hati ya” jawab Naifa

“Maaf ya teman-teman. Duluan semuanya” kata Ndot

“Yaudah deh Piella, mending kita ambil selangnya. Biar cepet beres” ajak Naellu

Piella dan Naellu udah sibuk dengan kerjaannya masing-masing. Naellu membersihkan ruang kelas dan Piella menyiram tanaman didepan kelas. Tanpa Piella sadari, aku pergi diam-diam ke atas (karena kelas yang dibersihkan Piella memang ada di bawah) dan mempersiapkan semuanya.

“Piella, itu masih kotor tuh” Kata Disha

“Mana? Wah kalian tega nih bantuin temennya kek. Malah enak-enakan duduk” kata Piella sewot

“Yee, ini juga lagi dibantuin kan. Kita kan ngasih tau mana yang masih kotornya” balas Naifa

“Ya maksudnya bantuin beresinnya dong”

“Bukannya kita gamau ya, tapi kan ini piket kelas sedangkan kita ga sekelas. hehe” giliran Disha yang angkat suara

“Huuu banyak alasan” kata Piella

“Itu tuh masih banyak sampah berserakan disana” ujar Naellu yang baru keluar kelas

“Iya-iya ini juga mau beresin” Sahut Piella sambil berjalan kearah sampah yang dimaksud Naellu.

1..2..3..Byuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur

Saat Piella akan mengambil sampah, aku dan Ndot yang tadi pura-pura pulang langsung menumpahkan air dari atas. Kalo diliat-liat sih mirip kaya air terjun lho, beneran. Lagu Happy Birthday pun langsung berkumandang diiringi dengan munculnya Disha dan Naifa yang keluar membawa kue serta kado. Piella terlihat sangat kaget, senang, kesel, terharu dengan kejutan yang kita kasih. Aku seneng banget bisa ngerayain ulang tahun Piella kali ini. Aku seneng banget bisa liat Piella seneng. Dan aku seneng banget bisa kumpul bareng sahabat-sahabat di moment kaya gini.

***

Udah ngerti, persahabatan tuh kaya gimana? Oh.. Bukan masalah jail & usilnya hehe.. Tapi ya itulah persahabatan, ternyata menyenangkan, menyedihkan atau apapun rasa dan bagaimana pun orang-orang nya, ya itulah persahabatan, semua pasti biasa dijalani bersama dengan mereka. Dan ini hanya sebagian kecil perjalanan persahabatan kami. Masih banyak cerita lain yang aku lalui bersama mereka, yang makin membuatku mengerti apa arti persahabatan yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar